MAKALAH “PENGANTAR
KOMPUTER”
HARDWARE
Disusun oleh :
Kelompok :
2
(Dua)
Nama :
1.
Arwanti (16
0201 0124)
2.
Dewi
Sartika (16
0201 0122)
3.
Nirmala (16
0201 0109)
4.
Riyanti
Jabir (16
0201 0134)
5.
Usna (16
0201 0137)
6.
Varsella Aprillian Amrul (16
0201 0145)
Kelas : PAI-D
Semester :
II
(Dua)
Dosen : Ino
Sulistiani, S.T., M.T.
INSTITUT
AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) PALOPO
2016/2017
KATA
PENGANTAR
Segala
puji bagi Allah SWT atas berkah dan rahmat-Nyalah sehingga kami dapat
menyelesaikan penulisan Makalah Pengantar Komputer yang berjudul Hardware.
Terselesaikannya
Makalah ini tidak lepas dari bantuan dan dukungan dari beberapa pihak, sehingga
pada kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih kepada :
1.
Guru
Pengantar Komputer kami Ustadzah Ino Sulistiani, S.T., M.T. Karena atas kesempatan yang telah diberikan kepada kami dalam pembuatan
dan penyelesaian makalah ini.
2. Kedua Orang Tua kami, yang senantiasa mendukung, menuntun kami
dalam hidup ini dengan doa yang tulus.
3. Teman-teman mahasiswa/mahasiswi yang selalu memberi semangat dan
motifasi untuk kami dalam penyelesaian Makalah ini.
Penulisan
Makalah ini masih sangat jauh dari kesempurnaan, informasi yang kurang banyak, sistematika
yang masih kurang baik, masih kurangnya pengetahuan kami tentang Materi.
Sehingga pada kesempatan ini kami juga mengharapkan kritik serta saran dari
teman-teman mahasiswa/mahasiswi dan para pembaca untuk penulisan Makalah yang
lebih baik lagi kedepannya.
Semoga
dengan adanya Makalah ini teman-teman mahasiswa/mahasiswi serta pembaca bisa menambah pengetahuan dan
semoga kedepannya kita bisa menyelesaikan penulisan karya-karya tulis lain
dengan lebih baik lagi.
Palopo, 30 April 2017
Penyusun
DAFTAR
ISI
KATA PENGANTAR....................................................................................... i
DAFTAR ISI....................................................................................................... ii
BAB I PENDAHULUAN
A.
Latar
Belakang Masalah............................................................................... 1
B.
Rumusan
Masalah........................................................................................ 2
C.
Tujuan
Penulisan.......................................................................................... 2
BAB II PEMBAHASAN
A.
Definisi
Hardware........................................................................................ 3
B.
Macam-Macam Komponen Hardware
a.
Peralatan Masukan
(Input Device)............................................................ 3
b.
Peralatan
Proses/Process Device (CPU/Central Processing Unit)............. 6
c.
Peralatan Keluaran
(Output Device)......................................................... 10
d.
Media Penyimpanan Data......................................................................... 10
e. Peralatan
Komunikasi................................................................................ 11
BAB
III PENUTUP
A.
Kesimpulan................................................................................................... 12
B.
Saran............................................................................................................. 12
DAFTAR PUSTAKA......................................................................................... 13
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang Masalah
Di masa
sekarang ini perkembangan teknologi informasi sudah menjadi
elemen penting bagi seluruh lapisan masyarakat dalam bersosialisasi dan
berinteraksi. Teknologi informasi sendiri merupakan sebuah bidang ilmu yang
mempelajari tentang perangkat-perangkat informasi baik itu perangkat lunak
maupun perangkat keras yang berfungsi untuk mengolah dan menghasilkan informasi
maupun menyampaikan suatu informasi tersebut ke perangkat informasi lainnya.
Perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat di era globalisasi ini, seakan tidak
mempunyai batasan dalam perkembangannya, dan
perkembangan ini berdampak langsung terhadap kehidupan sosial serta budaya
tidak hanya di Indonesia tapi mencakup berbagai belahan dunia.
Kemajuan teknologi komputer adalah salah satu teklonologi informasi yang tidak bisa kita
hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi komputer akan berjalan
sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Setiap inovasi diciptakan untuk
memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan,
serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia. Khusus dalam bidang
teknologi masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh
inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini.
Dalam
kehidupan sehari-hari kita hanya menggunakan seperangkat PC
(Personal Computer), tapi tak tahu apa pengertiannya dan menggunakannya tentu
juga hanya sekedar menggunakan. Oleh karena
itu, kami mengangkat salah satu komponen komputer
yaitu Hardware untuk menjelaskan dan memberikan informasi
pokok-pokok materi judul makalah kami.
B. Rumusan
Masalah
Di
setiap penulisan Makalah tentu memiliki rumusan masalah. Adapun rumusan masalah
dalam penulisan pada Makalah ini adalah
:
1.
Apa definisi dari Hardware?
2.
Apa sajakah
komponen dari Hardware?
C. Tujuan
Di
setiap penulisan Makalah tentu memiliki tujuan. Adapun tujuan penulisan pada
Makalah ini adalah :
1.
Sebagai syarat mengikuti
pelajaran Pengantar Komputer.
2.
Memberikan informasi
kepada pembaca tentang salah satu komponen
komputer yaitu Hardware.
BAB
II
HARDWARE
A.
Definisi
Hardware
Perangkat
keras computer merupakan salah satu komponen dalam suatu system komputer yang
berfungsi untuk menjalankan komputer.
Dalam bahasa Indonesia hardware atau perangkat keras
adalah salah satu komponen dari sebuah computer yang sifat alatnya bisa dilihat
dan diraba secara langsung atau berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung
proses komputerisasi.
Hardware adalah
komponen komputer yang berada pada
hirarki ketiga dari system computer yang berbentuk fisik
dan digunakan untuk
aktivitas Input, Proses, Output, Peralatan
komunikasi dan penyimpanan pada suatu sistem komputer.
B. Macam-Macam Komponen Hardware
a. Peralatan Masukan
(Input Device)
Input Device / Peralatan Masukkan merupakan perangkat keras yang
berfungsi untuk memasukkan data ke dalam komputer. Unit ini berfungsi sebagai media
untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk
diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input device atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC), antara lain :
1. Keyboard,
merupakan peralatan input yang terdiri atas tombol-rombol huruf, angka, dan
karakter lain yang tersusun pada satu papan persegi panjang dan digunakan untuk
memasukkan data ke komputer.
Penciptaan
keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan
dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887
diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard yang digunakanan
sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan
sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization). Jumlah
tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal
memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.
Jenis-Jenis
Keyboard :
1.)
QWERTY
2.)
DVORAK
3.)
KLOCKENBERG
Keyboard yang biasanya dipakai adalah keyboard jenis
QWERTY, yang bentuknya ini mirip seperti tuts pada mesin tik. Keyboard QWERTY
memiliki empat bagian yaitu :
1.
Typewriter Key, Tombol ini merupakan tombol utama dalam input.
2.
Numeric
Key, Tombol ini terletak di sebelah kanan keyboard. tombol
ini terdiri atas angka dan arrow key. Jika lampu indikator num lock menyala
maka tombol ini berfungsi sebagai angka. Jika lampu indikator num lock mati
maka tombol ini berfungsi sebagai arrow key.
3.
Function Key, Tombol ini terletak pada baris paling atas, tombol
fungsi ini ini terdiri dari F1 s/d F12. Fungsi tombol ini berbeda-beda
tergantung dari program komputer yang digunakan.
4.
Special Function Key, Tombol ini terdiri atas tombol Ctrl, Shift, dan Alt.
Tombol akan mempunyai fungsi bila ditekan secara bersamaan dengan tombol
lainnya. Misalnya, untuk memblok menekan bersamaan tombol shift dan arrow key,
untuk menggerakan kursor menekan bersamaan ctrl dan arrow key.
2. Pointing
Device, merupakan peralatan input yang dapat digerakkan dan memiliki pointer
yang terdiri atas :
· Mouse,
peralatan input berbentuk kecil pada bagian atasnya terdapat bagian yang bias
diklik/ditekan dan pada bagian bawahnya terdapat bola magnetic kecil untuk
menggerakkan pointer.
· Pointing
Stick, berbentuk seperti pena/tongkat kecil yang berfungsi untuk menulis pada
screen atau layar notebook tertentu.
· Trackball,
mirip dengan mouse dipermukaannya terdapat bola kecil yang bias digerakkan
dengan jari untuk menggerakkan pointer.
· Joystick,
terdiri atas beberapa tombol khusus penunjuk arah untuk mengontrol gerakan pada
game komputer.
· Touch
Screen,berfungsi seperti halnya dengan monitor digunakan dengan cara menekan
langsung menu-menu pada layarnya.
· Light
Pen, pena elektronik yang digunakan untuk menulis/menggambar di layar yang
tersedia.
· Digitizing
Tablet, peralatan input yang dilengkapi dengan kertas bergambar khusus dan pena
elektronik yang dapat mentransferkan gambar yang dibuat pada kertas khusus ke
komputer secara langsung contohnya seperti GIS (Geografis Informasion System)
3. Terminal,
gabungan dari keyboard dan layar monitor ada 3 macam terminal yaitu :
· Dumb
Terminal, yaitu terminal yang tidak mempunyai kemampuan melakukan proses data
karena tidak memiliki unit control dan unit aritmatika/logika.biasanya hanya
menerima data dari keyboard dan menampilkan informasi dari remote komputer yang
terhubung dengannya.
· Automatic
Teller Machine (ATM), terminal yang dapat melakukan proses-proses lain selain
menerima dan menampilkan data. Biasanya digunakan oleh bank-bank untuk
penarikan cash, transfer uang, pembayaran rekening, pengambilan tiket, dan
sebagainya.
· POS
(Point Of Sales) Terminal, terminal yang dilengkapi komponen spesial seperti tombol
numeric yang mirip dengan kalkulator. POS banyak digunakan ditoko-toko
department store untuk membantu user mempercepat antrian transaksi.
4. Optical
Reading Device (Scanner), yaitu peralatan input yang dapat mentranformasikan
data tertulis ke dalam computer secara langsung. Jenis-jenis scanner yaitu :
· Optical
Character Recognition (OCR), scanner yang dapat membaca huruf/karakter dari
suatu citra.
· Optical
Mark Reader, scanner yang dapat membaca data dari bagian yang sudah diberi
tanda pada kertas khusus.
· Barcode
Reader, scanner yang dapat membaca data dari kode-kode special yang tertera
pada suatu produk
· Handprint
Reader, scanner yang dapat membaca data dari tulisan tangan atau sidik jari
untuk diproses
· Image
Scanner, scanner yang dapat membaca gambar/peta dari suatu kertas.
5. Magnetic
Reading Device (MRD), peralatan input yang dapat membaca sumber data yang
bersifat magnetic. Jenis MRD yaitu :
· Magnetic
Ink Character Recognition (MICR), dapat membaca karakter yang dicetak tinta
magnetic. Contohnya MRD untuk membaca cek giro.
· Digital
Camera, dapat mendeteksi dan mentranformasikan objek secara langsung melalui
kamera dan menyimpannya dalam bentuk digital.
6. Voice
and Sound Input, peralatan input yang mendeteksi dan mentranformasikan bunyi
dan suara melalui perekam suara yang
menjadi data digital seperti format MAV, WMF.
7. Touch
Tone Input Device, peralatan input yang mendeteksi dan mentranformasikan nada
tekanan kedalam computer.
8. Multimedia
Audio Device (MAD)
· Televisi,
alat yang menayangkan program televisi melalui computer.
· Video
Cassette Recorder (VCR), alat yang dapat membaca capture tampilan video melalui
kaset tape video.
· Video
Camera, alat yang dapat merekam gambar bergerak dan dihubungkan ke computer
lewat port penghubung.
b.
Peralatan
Proses/Process Device (CPU/Central Processing Unit)
Alat
yang intruksi program diproses untuk mengolah data yang sudah dimasukkan lewat
alat input dan hasilnya akan ditampilkan di alat output. Alat ini terdiri dari
:
1. Central
Processing Unit (CPU), yang mengeksekusi intruksi-intruksi program dan
memproses data. Terdiri atas :
·
Control Unit, berfungsi
mengawasi dan mengatur aktivitas prosesor CU ini disamakan dengan otak manusia
yang mengatur seluruh kegiatannya.
·
Arithmetic Logic Unit
(ALU), berfungsi melakukan perhitungan aritmatika (addition, substraction,
multiplication, division) dan logika (membandingkan elemen yang terdiri atas
><, >=, <=, =, <>).
2. Register,
tempat penyimpanan sementara yang ada di prosesor serta dapat memindahkan data
dan instruksi lebih cepat dari memori utama. Ada 4 tipe register yaitu :
·
Register penyimpanan
(Storage Register), menyimpan data sementara yang dipindahkan dari memori dan
menerima hasil proses yang dikirim ke memori.
·
Register alamat
(Address Register), menyimpan alamat-alamat data yang digunakan untuk
menjalankan instruksi
·
Accumulator Register,
menyimpan hasil perhitungan aritmatika
·
General Purpose
Register, menyimpan data, alamat, dan hasil perhitungan aritmatika
3. Machine
Cycle (Siklus Mesin), proses dari suatu instruksi bahasa mesin yang terdiri
dari tahapan proses yang dilakukan oleh CPU dan seluruh proses diatur oleh CU
dan ALU. 4 tahap proses yang dilakukan yaitu :
·
Fetch, membaca
instruksi memor
·
Decode, menerjemahkan
instruksi kedalam perintah computer
·
Execute, menjalankan
aksi dari instruksi yang diterima
·
Store, penyimpanan
hasil proses.
4. Kemampuan
Prosesor, 3 elemen yang mempengaruhi kecepatan computer yaitu :
· Sistem
Clock, bekerja pada kecepatan tinggi (66 Mhz, 133 Mhz)
· Bus
Width, saat melakukan proses internalterjadi perpindahan data computer. Seperti halnya system clock, bus juga merupakan suatu
sirkuit elektronik.
ü I/O
Bus, mengatur dan menghubungkan perpindahan antara I/O dengan prosesor
ü Data
Bus, mengatur dan menghubungkan perpindahan data antara prosesor dengan memori
ü Word
Size, ukuran yang menunjukkan jumlah bit yang dapat diproses computer tiap
waktu, ukuran word dapat dinyatakan dalam bits (binary digit)
5.
Jenis Proses,
diantaranya yaitu sebagai berikut :
·
Serial
Processing, mengerjakan suatu job atau proses secara one by one (satu persatu).
·
Parallel
Processing, mengerjakan suatu job atau proses secara serentak (sekaligus). Parallel Processing terbagi menjadi 2 jenis
yaitu :
ü SIMD (Single Instruction Multiple Data), proses dimana
lebih dari satu prosesor menjalankan instruksi yang sama pada waktu yang
bersamaan.
ü MIMD (Multiple Instruction Multiple Data), prosessor
menjalankan instruksi yang berbeda-beda,
pada waktu bersamaan untuk data yang berbeda.
·
Piperline
Processing, penggabungan dari serial processing dan parallel processing. Proses
ini memiliki 4 tahapan yaitu :
ü Pengambilan instruksi
ü Penerjemahan instruksi
ü Eksekusi/ menjalankan instruksi
ü Penulisan kembali hasil.
6. Meningkatkan
Kecepatan Prosesor, hal yang perlu diperhatikan yaitu :
· Cache
Memory, memori yang sangat cepat aksesnya dan dirancang khusus untuk
meningkatkan kecepatan transfer dan proses data. Berfungsi sebagai tempat
penyimpanan sementara data dan
informasi yang sering digunakan oleh CPU sehingga CPU dapat mengakses langsung
ke Cache Memory tanpa harus melalui memori utama dahulu.
· Co-Prosessor,
Chip tambahan yang dapat mempercepat kerja prosessor
· Accelerator
Board, Papan sirkuit tambahan yang mempercepat kerja.
· Increased
Chip Denity and Integration, menambahkan kepadatan chip yang terintegrasi untuk
mempercepat kerja prosesor
· Reduced
Instruction set Computing (RISC)
· Parallel
Processing, proses berjalannya program dengan menggunakan beberapa CPU.
7. Representasi
Data Dalam Memori
· Binary
Digit, unit dasar menyimpan data di komputer
yang terdiri dari angka 0 dan 1.
8.
Perbandingan
Primary Storage dan Secondary Storage.
·
Primary Storage,
menyimpan data secara sementara. Sedangkan secondary storage menyimpan data
secara permanen.
·
Primary Storage,
hanya dapat menyimpan data jika computer dalam keadaan nyala (on). Sedangkan
secondary storage data yang tersimpan tidak hilang jika komputer mati.
·
Primary Storage,
tidak bisa menyimpan data dan aplikasi yang berukuran besar. Sedangkan
secondary storage mampu menyimpan data dan aplikasi yang berukuran besar.
9.
Ukuran Memori,
diantaranya yaitu :
·
Bit, merupakan
macam-macam ukuran memori.
·
Byte, 1 Byte = 8
bit, setiap byte merepresentasikan 1 karakter
·
KiloByte, 1 KB =
1024 Byte
·
MegaByte, 1 MB =
jutaan Byte
·
GigaByte, 1 GB =
Miliaran Byte
·
Word, 1 Word =
16 Bit
·
Double Word, 1
Double Word = 32 Bit
·
Quard Word, 1
Quard Word = 64 Bit
c.
Peralatan
Keluaran (Output Device)
Peralatan
yang dapat menerjemahkan/mentransformasikan hasil pengolahan data ke user.
Adapun jenis-jenis peralatan output yaitu :
1. Visual Display (monitor), berfungsi
menampilkan visualisasi gambar, teks, dsb. Adapun karakteristiknya yaitu :
monochrome (warna hitam putih saja), refresh (rata-rata waktu penyegaran 45-100
×/detik), graphics standard (VGA, SVGA, XGA), jenis screen (LCD, CRT)
2. Printer,
mencetak data berupa karakter/huruf/gambar ke berbagai media. Adapun jenis
printer menurut alat cataknya yaitu : impact printer (mencetak dengan
bersentuhan secara fisik antara kertas dan alat cetaknya), Non impact printer
(mencetak tanpa bersentuhan secara fisik antara kertas dan alat cetaknya).
3. Plotters,
khusus mencetak gambar/grafik/peta dengan 2 komponen yaitu :
· Flatbed (body/badan dari printer).
· Drum (penggulung kertas yang besar). Dengan 2 jenis yaitu :
ü Computer Output Microfilm (COM), Mencetak gambar ke
kertas khusus yang berukuran kecil
ü Audio Response Unit (ARU), Mengubah data menjadi
suara/bunyi.
d.
Media
Penyimpanan Data
Berfungsi sebagai
tempat penampungan/penyimpanan data atau informasi dalam bentuk informasi
binary. Terdiri atas 2 jenis yaitu :
1. Primary
storage, media penyimpanan yang langsung dapat diakses oleh CPU dan terdiri
atas RAM (Random Access Memory), ROM (Read Only Memory), Circuit Board, Cache
Memory.
2. Secondary
storage, adalah media penyimpanan eksternal/berada di luar computer. Dapat
menyimpan dalam jumlah besar dan permanen, dan juga terdiri atas Magnetic
Storage (magnetic tape, magnetic disk, hard disk, floppy disk), Optical Storage
(CD, DVD)
Adapun karakteristik
dari media penyimpanan yaitu :
·
Kecepatan (speed), waktu yang dibutuhkan untuk membaca/ menulis data.
·
Vocatility, kemampuan menyimpan data ketika tidak ada sumber
daya.
·
Metode akses (Access
Method), terdiri atas 3 jenis yaitu : Serial Access, Random
Acces, dan Parallel Acces.
·
Portability, kemampuan melakukan install/memasang melepaskan
media penyimpanan dari computer.
·
Capacity, jumlah data maksimum yang disimpan oleh suatu media
penyimpanan.
e.
Peralatan
Komunikasi
Yaitu
saluran komunikasi antara computer dengan peralatan lainnya. Saluran tersebut
adalah :
1. System
BUS, penghalang bagi keseluruhan komponen atau peralatan komputer dalam
menjalankan tugasnya.
2. PCI
(Peripheral Component Interconnect) BUS, media koneksi yang paling umum
digunakan untuk tambahan pada komputer.
PCI Bus terbagi menjadi 2 jenis yaitu :
·
SCSI (Small
Computer System Interface), suatu teknologi penghubung untuk komponen eksternal
pada komputer. Contohnya seperti harddisk atau scanner
·
Port, standar
penghubung antara komputer (mainboard)dengan peralatan (peripheral) pada tahun
1980-2000 dan ditahun berikutnya digantikan dengan USB (Universal Serial Bus).
BAB
III
PENUTUP
A. Kesimpulan
Dari
pembahasan yang telah tertera pada bab sebelumnya kami dapat menarik kesimpulan
yaitu :
1.
Hardware adalah
komponen komputer yang berada pada
hirarki ketiga dari system computer yang berbentuk fisik
dan digunakan untuk
aktivitas Input, Proses, Output, Peralatan
komunikasi dan penyimpanan pada suatu sistem komputer.
2.
Komponen Hardware
terdiri atas :
1.
Peralatan Masukan
(Input Device)
2.
Peralatan
Proses/Process Device (CPU/Central Processing Unit)
3.
Peralatan Keluaran
(Output Device)
4.
Peralatan Komunikasi
5.
Media Penyimpanan
(storage) atau memory (primary and secondary storage)
B.
Saran
Teman-teman Mahasiswa dan para
pembaca yang ingin lebih mengetahui lebih dalam tentang materi seperti diatas
sebaiknya mencari literatur-literatur/refesensi-referensi
yang ada di Internet maupun buku-buku karena pengetahuan yang kami sampaikan
masih sangat sedikit. Dan untuk para pembaca yang ingin membuat makalah dengan
judul serupa sebaiknya lebih baik lagi mengambil ilmu pengetahuan dari berbagai
sumber agar makalah kedepannya lebih baik dari makalah ini.
DAFTAR PUSTAKA
Anonim. 2010. Hardware (Perangkat Keras) Komputer.
Diakses dari : https://drive.google.com/file/d/0ByDBnhlqrrmJeHJteW9vaWRGenc/view. Pada Tanggal 29 April 2017.
Aspopik Hasuda.
2013. Makalah Hardware Komputer.
Diakses dari : http://aspopik.blogspot.co.id/2013/03/makalah-hardware-komputer.html. Pada Tanggal 29 April 2017.
Gina Raudatul
95. 2013. Makalah Tentang Hardware,
Software dan Brainware. Diakses dari : http://pls213050.blogspot.co.id/2013/12/makalah-sejarah-komputer-dan-hardware.html. Pada Tanggal 29 April 2017.
Ino SulistianI.
2015. Sistem Komputer. Palopo :
Penerbit Aksara Timur.
Muhammad Marom.
2011. Hardware. Diakses dari : http://captain-explorer.blogspot.co.id/2011/02/kliping-hardware-komputer.html. Pada Tanggal 29 April 2017.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar