Senin, 19 Maret 2018

Makalah Komputer "Hardware"

MAKALAH “PENGANTAR KOMPUTER”
HARDWARE

Disusun oleh :
Kelompok      : 2 (Dua)
Nama              :
1.      Arwanti                                            (16 0201 0124)
2.      Dewi Sartika                                                (16 0201 0122)
3.      Nirmala                                             (16 0201 0109)
4.      Riyanti Jabir                                    (16 0201 0134)
5.      Usna                                                  (16 0201 0137)
6.      Varsella Aprillian Amrul                (16 0201 0145)
Kelas               : PAI-D
Semester         : II (Dua)
Dosen              : Ino Sulistiani, S.T., M.T.


INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) PALOPO

2016/2017

KATA PENGANTAR


Segala puji bagi Allah SWT atas berkah dan rahmat-Nyalah sehingga kami dapat menyelesaikan penulisan Makalah Pengantar Komputer yang berjudul Hardware.
Terselesaikannya Makalah ini tidak lepas dari bantuan dan dukungan dari beberapa pihak, sehingga pada kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih kepada :
1.    Guru Pengantar Komputer  kami Ustadzah Ino Sulistiani, S.T., M.T. Karena atas kesempatan yang telah diberikan kepada kami dalam pembuatan dan penyelesaian makalah ini.
2.    Kedua Orang Tua kami, yang senantiasa mendukung, menuntun kami dalam hidup ini dengan doa yang tulus.
3.    Teman-teman mahasiswa/mahasiswi yang selalu memberi semangat dan motifasi untuk kami dalam penyelesaian Makalah ini.
Penulisan Makalah ini masih sangat jauh dari kesempurnaan, informasi yang kurang banyak, sistematika yang masih kurang baik, masih kurangnya pengetahuan kami tentang Materi. Sehingga pada kesempatan ini kami juga mengharapkan kritik serta saran dari teman-teman mahasiswa/mahasiswi dan para pembaca untuk penulisan Makalah yang lebih baik lagi kedepannya.
Semoga dengan adanya Makalah ini teman-teman mahasiswa/mahasiswi  serta pembaca bisa menambah pengetahuan dan semoga kedepannya kita bisa menyelesaikan penulisan karya-karya tulis lain dengan lebih baik lagi.

                       
Palopo, 30 April 2017


                                                                                                Penyusun

DAFTAR ISI


KATA PENGANTAR....................................................................................... i
DAFTAR ISI....................................................................................................... ii

BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Masalah............................................................................... 1
B.     Rumusan Masalah........................................................................................ 2
C.     Tujuan Penulisan.......................................................................................... 2

BAB II PEMBAHASAN
A.    Definisi Hardware........................................................................................ 3
B.     Macam-Macam Komponen Hardware
a.       Peralatan Masukan (Input Device)............................................................ 3
b.      Peralatan Proses/Process Device (CPU/Central Processing Unit)............. 6
c.       Peralatan Keluaran (Output Device)......................................................... 10
d.      Media Penyimpanan Data......................................................................... 10
e.       Peralatan Komunikasi................................................................................ 11
BAB III PENUTUP
A.    Kesimpulan................................................................................................... 12
B.     Saran............................................................................................................. 12

DAFTAR PUSTAKA......................................................................................... 13


        
BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang Masalah
Di masa sekarang ini perkembangan teknologi informasi sudah menjadi elemen penting bagi seluruh lapisan masyarakat dalam bersosialisasi dan berinteraksi. Teknologi informasi sendiri merupakan sebuah bidang ilmu yang mempelajari tentang perangkat-perangkat informasi baik itu perangkat lunak maupun perangkat keras yang berfungsi untuk mengolah dan menghasilkan informasi maupun menyampaikan suatu informasi tersebut ke perangkat informasi lainnya.
Perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat di era globalisasi ini, seakan tidak mempunyai batasan dalam perkembangannya, dan perkembangan ini berdampak langsung terhadap kehidupan sosial serta budaya tidak hanya di Indonesia tapi mencakup berbagai belahan dunia.
Kemajuan teknologi komputer adalah salah satu teklonologi informasi yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan teknologi komputer akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Setiap inovasi diciptakan untuk memberikan manfaat positif bagi kehidupan manusia. Memberikan banyak kemudahan, serta sebagai cara baru dalam melakukan aktifitas manusia. Khusus dalam bidang teknologi masyarakat sudah menikmati banyak manfaat yang dibawa oleh inovasi-inovasi yang telah dihasilkan dalam dekade terakhir ini.
Dalam kehidupan sehari-hari kita hanya menggunakan seperangkat PC (Personal Computer), tapi tak tahu apa pengertiannya dan menggunakannya tentu juga hanya sekedar menggunakan. Oleh karena itu, kami mengangkat salah satu komponen komputer yaitu Hardware untuk menjelaskan dan memberikan informasi pokok-pokok materi judul makalah kami.


B.       Rumusan Masalah
Di setiap penulisan Makalah tentu memiliki rumusan masalah. Adapun rumusan masalah dalam penulisan pada Makalah  ini adalah :
1.         Apa definisi dari Hardware?
2.         Apa sajakah komponen dari Hardware?

C.      Tujuan
Di setiap penulisan Makalah tentu memiliki tujuan. Adapun tujuan penulisan pada Makalah ini adalah :
1.        Sebagai syarat mengikuti pelajaran Pengantar Komputer.
2.        Memberikan informasi kepada pembaca tentang salah satu komponen komputer yaitu Hardware.













BAB II
HARDWARE

A.    Definisi Hardware
Perangkat keras computer merupakan salah satu komponen dalam suatu system komputer yang berfungsi untuk menjalankan komputer.
Dalam bahasa Indonesia hardware atau perangkat keras adalah salah satu komponen dari sebuah computer yang sifat alatnya bisa dilihat dan diraba secara langsung atau berbentuk nyata, yang berfungsi untuk mendukung proses komputerisasi.
Hardware adalah komponen komputer yang berada pada hirarki ketiga dari system computer yang berbentuk fisik dan digunakan untuk aktivitas Input, Proses, Output, Peralatan komunikasi dan penyimpanan pada suatu sistem komputer.

B.     Macam-Macam Komponen Hardware
a.      Peralatan Masukan (Input Device)
Input Device / Peralatan Masukkan merupakan perangkat keras yang berfungsi untuk memasukkan data ke dalam komputer. Unit ini berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input device atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC), antara lain :
1.      Keyboard, merupakan peralatan input yang terdiri atas tombol-rombol huruf, angka, dan karakter lain yang tersusun pada satu papan persegi panjang dan digunakan untuk memasukkan data ke komputer.
Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.
Jenis-Jenis Keyboard :
1.)    QWERTY
2.)    DVORAK
3.)    KLOCKENBERG
Keyboard yang biasanya dipakai adalah keyboard jenis QWERTY, yang bentuknya ini mirip seperti tuts pada mesin tik. Keyboard QWERTY memiliki empat bagian yaitu :
1.      Typewriter Key, Tombol ini merupakan tombol utama dalam input.
2.       Numeric Key, Tombol ini terletak di sebelah kanan keyboard. tombol ini terdiri atas angka dan arrow key. Jika lampu indikator num lock menyala maka tombol ini berfungsi sebagai angka. Jika lampu indikator num lock mati maka tombol ini berfungsi sebagai arrow key.
3.      Function Key, Tombol ini terletak pada baris paling atas, tombol fungsi ini ini terdiri dari F1 s/d F12. Fungsi tombol ini berbeda-beda tergantung dari program komputer yang digunakan.
4.      Special Function Key, Tombol ini terdiri atas tombol Ctrl, Shift, dan Alt. Tombol akan mempunyai fungsi bila ditekan secara bersamaan dengan tombol lainnya. Misalnya, untuk memblok menekan bersamaan tombol shift dan arrow key, untuk menggerakan kursor menekan bersamaan ctrl dan arrow key.
2.      Pointing Device, merupakan peralatan input yang dapat digerakkan dan memiliki pointer yang terdiri atas :
·      Mouse, peralatan input berbentuk kecil pada bagian atasnya terdapat bagian yang bias diklik/ditekan dan pada bagian bawahnya terdapat bola magnetic kecil untuk menggerakkan pointer.
·      Pointing Stick, berbentuk seperti pena/tongkat kecil yang berfungsi untuk menulis pada screen atau layar notebook tertentu.
·      Trackball, mirip dengan mouse dipermukaannya terdapat bola kecil yang bias digerakkan dengan jari untuk menggerakkan pointer.
·      Joystick, terdiri atas beberapa tombol khusus penunjuk arah untuk mengontrol gerakan pada game komputer.
·      Touch Screen,berfungsi seperti halnya dengan monitor digunakan dengan cara menekan langsung menu-menu pada layarnya.
·      Light Pen, pena elektronik yang digunakan untuk menulis/menggambar di layar yang tersedia.
·      Digitizing Tablet, peralatan input yang dilengkapi dengan kertas bergambar khusus dan pena elektronik yang dapat mentransferkan gambar yang dibuat pada kertas khusus ke komputer secara langsung contohnya seperti GIS (Geografis Informasion System)
3.      Terminal, gabungan dari keyboard dan layar monitor ada 3 macam terminal yaitu :
·      Dumb Terminal, yaitu terminal yang tidak mempunyai kemampuan melakukan proses data karena tidak memiliki unit control dan unit aritmatika/logika.biasanya hanya menerima data dari keyboard dan menampilkan informasi dari remote komputer yang terhubung dengannya.
·      Automatic Teller Machine (ATM), terminal yang dapat melakukan proses-proses lain selain menerima dan menampilkan data. Biasanya digunakan oleh bank-bank untuk penarikan cash, transfer uang, pembayaran rekening, pengambilan tiket, dan sebagainya.
·      POS (Point Of Sales) Terminal, terminal yang dilengkapi komponen spesial seperti tombol numeric yang mirip dengan kalkulator. POS banyak digunakan ditoko-toko department store untuk membantu user mempercepat antrian transaksi.
4.      Optical Reading Device (Scanner), yaitu peralatan input yang dapat mentranformasikan data tertulis ke dalam computer secara langsung. Jenis-jenis scanner yaitu :
·      Optical Character Recognition (OCR), scanner yang dapat membaca huruf/karakter dari suatu citra.
·      Optical Mark Reader, scanner yang dapat membaca data dari bagian yang sudah diberi tanda pada kertas khusus.
·      Barcode Reader, scanner yang dapat membaca data dari kode-kode special yang tertera pada suatu produk
·      Handprint Reader, scanner yang dapat membaca data dari tulisan tangan atau sidik jari untuk diproses
·      Image Scanner, scanner yang dapat membaca gambar/peta dari suatu kertas.
5.      Magnetic Reading Device (MRD), peralatan input yang dapat membaca sumber data yang bersifat magnetic. Jenis MRD yaitu :
·      Magnetic Ink Character Recognition (MICR), dapat membaca karakter yang dicetak tinta magnetic. Contohnya MRD untuk membaca cek giro.
·      Digital Camera, dapat mendeteksi dan mentranformasikan objek secara langsung melalui kamera dan menyimpannya dalam bentuk digital.
6.      Voice and Sound Input, peralatan input yang mendeteksi dan mentranformasikan bunyi dan suara melalui perekam suara yang menjadi data digital seperti format MAV, WMF.
7.      Touch Tone Input Device, peralatan input yang mendeteksi dan mentranformasikan nada tekanan kedalam computer.
8.      Multimedia Audio Device (MAD)
·      Televisi, alat yang menayangkan program televisi melalui computer.
·      Video Cassette Recorder (VCR), alat yang dapat membaca capture tampilan video melalui kaset tape video.
·      Video Camera, alat yang dapat merekam gambar bergerak dan dihubungkan ke computer lewat port penghubung.

b.      Peralatan Proses/Process Device (CPU/Central Processing Unit)
Alat yang intruksi program diproses untuk mengolah data yang sudah dimasukkan lewat alat input dan hasilnya akan ditampilkan di alat output. Alat ini terdiri dari :
1.      Central Processing Unit (CPU), yang mengeksekusi intruksi-intruksi program dan memproses data. Terdiri atas :
·         Control Unit, berfungsi mengawasi dan mengatur aktivitas prosesor CU ini disamakan dengan otak manusia yang mengatur seluruh kegiatannya.
·         Arithmetic Logic Unit (ALU), berfungsi melakukan perhitungan aritmatika (addition, substraction, multiplication, division) dan logika (membandingkan elemen yang terdiri atas ><, >=, <=, =, <>).
2.      Register, tempat penyimpanan sementara yang ada di prosesor serta dapat memindahkan data dan instruksi lebih cepat dari memori utama. Ada 4 tipe register yaitu :
·         Register penyimpanan (Storage Register), menyimpan data sementara yang dipindahkan dari memori dan menerima hasil proses yang dikirim ke memori.
·         Register alamat (Address Register), menyimpan alamat-alamat data yang digunakan untuk menjalankan instruksi
·         Accumulator Register, menyimpan hasil perhitungan aritmatika
·         General Purpose Register, menyimpan data, alamat, dan hasil perhitungan aritmatika
3.      Machine Cycle (Siklus Mesin), proses dari suatu instruksi bahasa mesin yang terdiri dari tahapan proses yang dilakukan oleh CPU dan seluruh proses diatur oleh CU dan ALU. 4 tahap proses yang dilakukan yaitu :
·         Fetch, membaca instruksi memor
·         Decode, menerjemahkan instruksi kedalam perintah computer
·         Execute, menjalankan aksi dari instruksi yang diterima
·         Store, penyimpanan hasil proses.
4.      Kemampuan Prosesor, 3 elemen yang mempengaruhi kecepatan computer yaitu :
·      Sistem Clock, bekerja pada kecepatan tinggi (66 Mhz, 133 Mhz)
·      Bus Width, saat melakukan proses internalterjadi perpindahan data computer. Seperti halnya system clock, bus juga merupakan suatu sirkuit elektronik.
ü  I/O Bus, mengatur dan menghubungkan perpindahan antara I/O dengan prosesor
ü  Data Bus, mengatur dan menghubungkan perpindahan data antara prosesor dengan memori
ü  Word Size, ukuran yang menunjukkan jumlah bit yang dapat diproses computer tiap waktu, ukuran word dapat dinyatakan dalam bits (binary digit)
5.      Jenis Proses, diantaranya yaitu sebagai berikut :
·      Serial Processing, mengerjakan suatu job atau proses secara one by one (satu persatu).
·      Parallel Processing, mengerjakan suatu job atau proses secara serentak (sekaligus).  Parallel Processing terbagi menjadi 2 jenis yaitu :
ü  SIMD (Single Instruction Multiple Data), proses dimana lebih dari satu prosesor menjalankan instruksi yang sama pada waktu yang bersamaan.
ü  MIMD (Multiple Instruction Multiple Data), prosessor menjalankan  instruksi yang berbeda-beda, pada waktu bersamaan untuk data yang berbeda.
·      Piperline Processing, penggabungan dari serial processing dan parallel processing. Proses ini memiliki 4 tahapan yaitu :
ü  Pengambilan instruksi
ü  Penerjemahan instruksi
ü  Eksekusi/ menjalankan instruksi
ü  Penulisan kembali hasil.
6.      Meningkatkan Kecepatan Prosesor, hal yang perlu diperhatikan yaitu :
·      Cache Memory, memori yang sangat cepat aksesnya dan dirancang khusus untuk meningkatkan kecepatan transfer dan proses data. Berfungsi sebagai tempat penyimpanan sementara data dan informasi yang sering digunakan oleh CPU sehingga CPU dapat mengakses langsung ke Cache Memory tanpa harus melalui memori utama dahulu.
·      Co-Prosessor, Chip tambahan yang dapat mempercepat kerja prosessor
·      Accelerator Board, Papan sirkuit tambahan yang mempercepat kerja.
·      Increased Chip Denity and Integration, menambahkan kepadatan chip yang terintegrasi untuk mempercepat kerja prosesor
·      Reduced Instruction set Computing (RISC)
·      Parallel Processing, proses berjalannya program dengan menggunakan beberapa CPU.
7.   Representasi Data Dalam Memori
·      Binary Digit, unit dasar menyimpan data di komputer yang terdiri dari angka 0 dan 1.
8.   Perbandingan Primary Storage dan Secondary Storage.
·      Primary Storage, menyimpan data secara sementara. Sedangkan secondary storage menyimpan data secara permanen.
·      Primary Storage, hanya dapat menyimpan data jika computer dalam keadaan nyala (on). Sedangkan secondary storage data yang tersimpan tidak hilang jika komputer mati.
·      Primary Storage, tidak bisa menyimpan data dan aplikasi yang berukuran besar. Sedangkan secondary storage mampu menyimpan data dan aplikasi yang berukuran besar.
9.   Ukuran Memori, diantaranya yaitu :
·      Bit, merupakan macam-macam ukuran memori.
·      Byte, 1 Byte = 8 bit, setiap byte merepresentasikan 1 karakter
·      KiloByte, 1 KB = 1024 Byte
·      MegaByte, 1 MB = jutaan Byte
·      GigaByte, 1 GB = Miliaran Byte
·      Word, 1 Word = 16 Bit
·      Double Word, 1 Double Word = 32 Bit
·      Quard Word, 1 Quard Word = 64 Bit
c.       Peralatan Keluaran (Output Device)
Peralatan yang dapat menerjemahkan/mentransformasikan hasil pengolahan data ke user. Adapun jenis-jenis peralatan output yaitu :
1.    Visual Display (monitor), berfungsi menampilkan visualisasi gambar, teks, dsb. Adapun karakteristiknya yaitu : monochrome (warna hitam putih saja), refresh (rata-rata waktu penyegaran 45-100 ×/detik), graphics standard (VGA, SVGA, XGA), jenis screen (LCD, CRT)
2.   Printer, mencetak data berupa karakter/huruf/gambar ke berbagai media. Adapun jenis printer menurut alat cataknya yaitu : impact printer (mencetak dengan bersentuhan secara fisik antara kertas dan alat cetaknya), Non impact printer (mencetak tanpa bersentuhan secara fisik antara kertas dan alat cetaknya).
3.   Plotters, khusus mencetak gambar/grafik/peta dengan 2 komponen yaitu :
·      Flatbed (body/badan dari printer).
·      Drum (penggulung kertas yang besar). Dengan 2 jenis yaitu :
ü  Computer Output Microfilm (COM), Mencetak gambar ke kertas khusus yang berukuran kecil
ü  Audio Response Unit (ARU), Mengubah data menjadi suara/bunyi.

d.      Media Penyimpanan Data
Berfungsi sebagai tempat penampungan/penyimpanan data atau informasi dalam bentuk informasi binary. Terdiri atas 2 jenis yaitu :
1.   Primary storage, media penyimpanan yang langsung dapat diakses oleh CPU dan terdiri atas RAM (Random Access Memory), ROM (Read Only Memory), Circuit Board, Cache Memory.
2.   Secondary storage, adalah media penyimpanan eksternal/berada di luar computer. Dapat menyimpan dalam jumlah besar dan permanen, dan juga terdiri atas Magnetic Storage (magnetic tape, magnetic disk, hard disk, floppy disk), Optical Storage (CD, DVD)
Adapun karakteristik dari media penyimpanan yaitu :
·         Kecepatan (speed), waktu yang dibutuhkan untuk membaca/ menulis data.
·         Vocatility, kemampuan menyimpan data ketika tidak ada sumber daya.
·         Metode akses (Access Method), terdiri atas 3 jenis yaitu : Serial Access, Random Acces, dan Parallel Acces.
·         Portability, kemampuan melakukan install/memasang melepaskan media penyimpanan dari computer.
·         Capacity, jumlah data maksimum yang disimpan oleh suatu media penyimpanan.

e.       Peralatan Komunikasi
Yaitu saluran komunikasi antara computer dengan peralatan lainnya. Saluran tersebut adalah :
1.      System BUS, penghalang bagi keseluruhan komponen atau peralatan komputer dalam menjalankan tugasnya.
2.      PCI (Peripheral Component Interconnect) BUS, media koneksi yang paling umum digunakan untuk tambahan pada komputer. PCI Bus terbagi menjadi 2 jenis yaitu :
·         SCSI (Small Computer System Interface), suatu teknologi penghubung untuk komponen eksternal pada komputer. Contohnya seperti harddisk atau scanner
·         Port, standar penghubung antara komputer (mainboard)dengan peralatan (peripheral) pada tahun 1980-2000 dan ditahun berikutnya digantikan dengan USB (Universal Serial Bus).






BAB III
PENUTUP


A.      Kesimpulan
Dari pembahasan yang telah tertera pada bab sebelumnya kami dapat menarik kesimpulan yaitu :
1.   Hardware adalah komponen komputer yang berada pada hirarki ketiga dari system computer yang berbentuk fisik dan digunakan untuk aktivitas Input, Proses, Output, Peralatan komunikasi dan penyimpanan pada suatu sistem komputer.
2.   Komponen Hardware terdiri atas :
1.      Peralatan Masukan (Input Device)
2.      Peralatan Proses/Process Device (CPU/Central Processing Unit)
3.      Peralatan Keluaran (Output Device)
4.      Peralatan Komunikasi
5.      Media Penyimpanan (storage) atau memory (primary and secondary storage)

B.        Saran
Teman-teman Mahasiswa dan para pembaca yang ingin lebih mengetahui lebih dalam tentang materi seperti diatas sebaiknya  mencari literatur-literatur/refesensi-referensi yang ada di Internet maupun buku-buku karena pengetahuan yang kami sampaikan masih sangat sedikit. Dan untuk para pembaca yang ingin membuat makalah dengan judul serupa sebaiknya lebih baik lagi mengambil ilmu pengetahuan dari berbagai sumber agar makalah kedepannya lebih baik dari makalah ini.


DAFTAR PUSTAKA

Anonim. 2010. Hardware (Perangkat Keras) Komputer. Diakses dari : https://drive.google.com/file/d/0ByDBnhlqrrmJeHJteW9vaWRGenc/view. Pada Tanggal 29 April 2017.
Aspopik Hasuda. 2013. Makalah Hardware Komputer. Diakses dari : http://aspopik.blogspot.co.id/2013/03/makalah-hardware-komputer.html. Pada Tanggal 29 April 2017.
Gina Raudatul 95. 2013. Makalah Tentang Hardware, Software dan Brainware. Diakses dari : http://pls213050.blogspot.co.id/2013/12/makalah-sejarah-komputer-dan-hardware.html. Pada Tanggal 29 April 2017.
Ino SulistianI. 2015. Sistem Komputer. Palopo : Penerbit Aksara Timur.
Muhammad Marom. 2011. Hardware. Diakses dari : http://captain-explorer.blogspot.co.id/2011/02/kliping-hardware-komputer.html. Pada Tanggal 29 April 2017.




  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Makalah Tauhid "MACAM-MACAM TAUHID MELIPUTI ULUHIYYAH, RUBUBIYAH DAN ASMA WA SIFAT"

TUGAS TAUHID MACAM-MACAM TAUHID MELIPUTI ULUHIYYAH, RUBUBIYAH DAN ASMA WA SIFAT Di susun oleh : KELOMPOK                        :...